Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menarche dengan Sikap Remaja Putri Dalam Menghadapi Menarche

Menarche adalah saat haid / menstruasi yang datang pertama kali yang sebenarnya merupakan puncak dari serangkaian perubahan yang terjadi pada seorang remaja putri sedang menginjak dewasa dan sebagai tanda sudah mampu hamil. Usia remaja putri saat menarche bervariasi, yaitu antara 10-16 tahun, tetapi rata-rata pada usia 12,5 tahun. Berdasarkan hasil prasurvey terdapat 58 siswi kelas 6 di SD N 1 Tanjung Raya, Mesuji dari 58 siswi tersebut diambil 10 orang sebagai responden dan didapat 50% siswi berpengetahuan kurang dan 70% siswi yang bersikap tidak mendukung dalam menghadapi menarche. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dalam menghadapi menarche adalah pengetahuan, dukungan orang tua, lingkungan dan sosial budaya. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proporsi pengetahuan, sikap dan hubungan pengetahuan remaja putri tentang menarche dengan sikap remaja putri dalam menghadapi menarche, di SD N 1 Tanjung Raya, Mesuji.
Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan rancangan crossectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 58 siswi dengan menggunakan sampel populasi. Instrumen pengumpulan data dengan cara angket dan alat ukur kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan chi square.
Hasil analisis penelitian dari 58 responden menunjukan sebagian besar proporsi pengetahuan kurang baik 51,73%, dan proporsi sikap yang tidak mendukung 53,45% . Hasil analisis dengan uji chi square  didapat X2 = 6,842, P-value = 0,019 (P<0,05), OR = 4,2 yang berarti Ha diterima yaitu ada hubungan bermakna antara pengetahuan remaja putri tentang menarche dengan sikap remaja putri dalam menghadapi menarche. 
Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara pengetahuan remaja putri tentang menarche dengan sikap remaja putri dalam menghadapi menarche. Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan bagi guru sekolah khususnya guru BP agar dapat memberikan konseling tentang menarche dan bagaimana cara menyikapinya. Sehingga remaja putri dapat meningkatkan pengetahuannya tentang menarche dan dapat mempersiapkan diri saat menarche datang.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Menarche
Daftar Bacaan : 29 (1997-2010)
nda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s